Hubungan Self Efficacy dengan Stres Akademik siswa SMAN 6 Padang

Permatasari, Dea Yendria (2024) Hubungan Self Efficacy dengan Stres Akademik siswa SMAN 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_DEA_YENDRIA_PERMATASARI_19006071_365_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa mengalami keyakinan diri yang rendah dalam mengahadapi berbagai tuntutan pembelajaran sehingga berpotensi mengalami stres akademik. Siswa yang tidak memiliki keyakinan terhadap kemampuan yang dimilki untuk menghadapi situasi dapat mempersepsikan tekanan dalam taraf apapun sebagai hal yang menekan. Salah satu factor yang diduga mempengaruhinya adalah self efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan self efficacy siswa di SMAN 6 Padang, (2) mendeskripsikan stres akademik siswa di SMAN 6 Padang, (3) menguji apakah terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan stres akademik siswa di SMAN 6 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 672 orang siswa yang terdaftar di kelas XI dan XII SMAN 6 Padang pada tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel kelas XI dan XII sebanyak 251 orang siswa yang ditentukan dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian ini adalah angket self efficacy dan angket stres akademik siswa dengan skala model likert. Data diolah menggunakan analisis persentase dan menganalisis hubungan self efficacy dengan stres akademik menggunakan rumus Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMAN 6 Padang memiliki tingkat self efficacy secara umum berada pada kategori sedang dengan persentase 60,96%. Sedangkan tingkat stres akademik siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 45,82%. Hasil analisis korelasi terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan stres akademik siswa SMAN 6 Padang dengan besar korelasi-0,393 yang berada pada kategori lemah dan taraf signifikan 0,000. Berdasarkan hasil penelitian ini, konselor atau guru BK dapat memberikan bantuan untuk mencegah dan mengatasi terjadinya stres akademik dengan berupa pemberian layanan informasi, layanan konseling individual dan layanan bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSukmawati, IndahUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:36
Last Modified: 12 Jun 2024 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52483

Actions (login required)

View Item View Item