Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik siswa

Rahmi, Aulia (2024) Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Prokrastinasi Akademik siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_AULIA_RAHMI_19006068_514_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering terjadi pada siswa di sekolah seperti siswa yang melalaikan tugas sekolah, sering terlambat dalam memenuhi batas pengumpulan tugas, memilih bermain daripada mengerjakan tugas di rumah dan lainnya yang dikenal sebagai prokrastinasi akademik. Salah satu penyebab terjadinya prokrastinasi akademik tidak luput dari kurangnya perhatian orang tua pada kegiatan belajar anak di rumah. Permasalahan ini perlu mendapat perhatian dari guru BK dengan memberikan layanan dan kegiatan pendukung bimbingan dan konseling. Agar pelayanan yang diberikan tepat sasaran, maka perlu dideskripsikan kondisi siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan perhatian orang tua siswa yang, 2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa, 3) Menguji hubungan perhatian orang tua dengan prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-korelasional. Populasi penelitian ini sebanyak 1106 siswa yang terdaftar di kelas X (Fase E), XI (Fase F) dan XII SMA Negeri 10 Padang pada semester Juli-Desember Tahun Ajaran 2023/2024 dengan sampel penelitian sebanyak 378 siswa yang dipilih dengan teknik Stratified Random Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket perhatian orang tua dan angket prokrastinasi akademik dengan skala model Likert. Data diolah menggunakan analisis deskriptif, uji korelasi dan uji regresi mengunakan bantuan program SPSS versi 25. Temuan penelitian memperlihatkan: 1) perhatian orang tua siswa SMAN 10 Padang berada pada kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 128,15 dan persentase sebesar 71,19%, 2) tingkat prokrastinasi akademik siswa berada pada ketegori sedang dengan skor rata-rata sebesar 103,79 dan persentase sebesar 54,63%, 3) terdapat hubungan yang signifikan dan negatif antara perhatian orang tua dengan prokrastinasi akademik siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,493 dan signifikansi 0,000; perhatian orang tua berpengaruh sebesar 24,3% terhadap prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDaharnis, DaharnisUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:36
Last Modified: 12 Jun 2024 04:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52479

Actions (login required)

View Item View Item