Penyusunan SOP (Standar Operasional Prosedur) Pemindahan Arsip Inaktif dari Unit Pengolah Ke Record Center di Bappeda Kota Padang

Sari, Fitri Purnama (2024) Penyusunan SOP (Standar Operasional Prosedur) Pemindahan Arsip Inaktif dari Unit Pengolah Ke Record Center di Bappeda Kota Padang. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_07_FITRI_PURNAMA_SARI_200026044_3135_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan proses penyusunan SOP pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke record center di Bappeda Kota Padang. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah deskriptif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan cara observasi dan wawancara bersama arsiparis di Bappeda Kota Padang. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penyusunan SOP pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke record center belum optimal. Kondisi tempat yang belum memadai dan kurangnya tenaga kerja yang memiliki pengetahuan mengenai SOP pemindahan arsip, banyak bidang yang tidak mengetahui tahapan pemindahan arsip inaktif sesuai pedoman yang benar. Berdasarkan hasil penulisan ini yaitu mendeskripsikan yang pertama, prosedur dalam penyusunan SOP pemindahan arsip inaktif dari unit pengolah ke record center di Bappeda Kota Padang adalah sebagai berikut: (1) mempelajari secara langsung proses kerja yang dilakukan Bappeda dalam pemindahan arsip; (2) pembentukan tim penyusunan pembuatan SOP yang terdiri dari Pimpinan Bappeda Kota Padang, Sekretaris Bappeda, Arsiparis, dan penulis; (3) membuat alur kerja SOP; (4) pengemasan produk menggunakan microsoft word yang terdiri atas cover, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, pembahasan dan penutup; (5) review dan uji coba alur kerja SOP. Review dan uji coba dilakukan kepada 9 responden yang terdiri dari 3 orang tim penyusun SOP dan 6 orang perwakilan masing-masing bidang Bappeda Kota Padang.; (6) evaluasi produk SOP, yaitu penilaian terhadap SOP yang dibuat. Penilaian produk meliputi 3 aspek, yaitu aspek tampilan, aspek isi SOP dan aspek keterbacaan. Hasil dari penilaian 3 aspek produk diperoleh jumlah skala yaitu 462 dengan persentase nilai sejumlah 95% dengan hasil sangat baik; dan (7) persetujuan dan pencetakan SOP. SOP telah disetujui dan dicetak menggunakan kertas HVS dengan ukuran A4. Dengan mendeskripsikan rumusan masalah yang kedua, hasil uji coba produk SOP Pemindahan Arsip Inaktif dari Unit Pengolah ke Record Center di Bappeda Kota Padang. Berdasarkan hasil review, istilah penyerahan diganti dengan pemindahan. Hal ini sesuai dengan Perka ANRI No. 43 Tahun 2009. Kemudian tidak diperlukan lagi berita acara pemindahan arsip dari unit kearsipan ke record center karena record center merupakan bagian dari unit kearsipan. Setelah dilakukan perbaikan, kriteria penilaian akhir terhadap produk SOP yang dibuat yaitu sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa produk Standar Operasional Prosedur (SOP) Pemindahan Arsip Inaktif dari unit pengolah ke record center ini dapat diterapkan pada instansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorAsmara, RiniUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:35
Last Modified: 12 Jun 2024 07:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52474

Actions (login required)

View Item View Item