Pengembangan Modul Discovery Learning Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Matematika.

Fri, Seven (2024) Pengembangan Modul Discovery Learning Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Matematika. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_05_SEVEN_FRI_17138040_646_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di Abad 21 menekankan pada kompetensi critikal thingking, problem solving, creativity dan innovation, communication, serta collaboration. Dengan diterapkan pendekatan STEM pada model discovery learning diharapkan peserta didik mempunyai keahlian dan berinovasi yang meliputi berpikir kritis, kreatif dan inovatif, serta mampu berkomunikasi dan berkolaborasi yang merupakan tantangan pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul Discovery Learning Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Matematika yang valid. Aspek yang akan dilihat adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas serta efektifitas Modul Discovery Learning Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari validator dosen melalui angket pengujian validitas modul Modul Discovery Learning Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Matematika yang dikembangkan. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalid, kepraktisan serta kefektifan Modul Discovery Learning Berbasis STEM pada Mata Pelajaran. Validitas Modul Discovery Learning Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Matematika dilihat dari Validitas materi dan Validitas media Modul Discovery Learning Berbasis STEM pada Mata Pelajaran Matematika. Hasil perhitungan persentase dari ahli materi diperoleh hasil 95% dengan klasifikasi modul valid dan sangat layak untuk digunakan. Instrumen uji coba pada ahli media dengan persentase 92,5% dengan klasifikasi modul valid dan sangat layak untuk digunakan. Kepraktisan modul dilihat dari hasil uji coba pengguna dilakukan oleh sebanyak 30 siswa kelas VIII SMP SIMA Padang pada semester ganjil dan tanggapan guru hasil Uji coba pengguna dengan nilai presentase yang diperoleh adalah 93,83%. Berdasarkan kriteria tingkat kelayakan, maka modul berbasis STEM pada materi pola bilangan ini termasuk praktis layak digunakan sebagai modul pada mata pelajaran matematika kelas VIII SMP pada materi pola bilangan untuk siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRisfendra, RisfendraUNSPECIFIED
CorrectorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
CorrectorMaksum, MaksumUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODUL, DISCOVERY LEARNING, MATEMATIKA
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2024 04:32
Last Modified: 12 Jun 2024 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52458

Actions (login required)

View Item View Item