Yunia, Vera
(2024)
Hubungan Antara Strategi Mengajar Pendidik dengan Perkembanagan Moral Anak di PAUD Amanah Kota Pariaman.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perkembangan moral anak,
hal ini diduga disebabkan oleh strategi yang digunakan pendidik dalam mengajar
kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan strategi mengajar
pendidik dalam mengembangkan moral anak di PAUD Amanah Kota Pariaman.
(2) Menggambarkan perkembangan moral anak usia dini di PAUD Amanah Kota
Pariaman. (3) Melihat hubungan antara strategi mengajar pendidik dengan
perkembangan moral anak di PAUD Amanah Kota Pariaman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
korelasional. Populasi penelitian ini adalah orangtua yang anaknya sekolah di
PAUD Amanah Kota Pariaman yang berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan
sampel menggunakan cluster rondom sampling diambil 80% dari populasi yaitu
19 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa daftar
pernyataan. Teknik analisis data menggunakan persentase dan rank order.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi yang digunakan
pendidik dalam mengajar di PAUD Amanah Kota Pariaman dikategorikan kurang
tepat. (2) Perkembanagan moral anak usia dini di PAUD Amanah Kota Pariaman
dikategorikan rendah. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara strategi
mengajar pendidik dengan perkembangan moral anak di PAUD Amanah Kota
Pariaman. Disarankan kepada pendidik agar menggunakan strategi mengajar yang
lebih tepat dan menarik perhatian anak dalam mengembangkan perilaku moral
anak, Saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat melakukan penelitian pada
aspek lain yang ada kaitannya dengan perkembangan moral anak
Actions (login required)
|
View Item |