Trinanda, Rani
(2024)
Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Dukungan Sosial Terhadap Iklim Belajar Paket C di PKBM Delima Bandara.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui (1) pengaruh kebiasaan belajar
dan dukungan sosial secara bersama-sama (simultan) terhadap iklim belajar, (2)
pengaruh kebiasaan belajar terhadap ikim belajar, dan (3) pengaruh dukungan sosial
terhadap iklim belajar. Penelitian ini dilakukan pada paket C di PKBM Delima
Bandara Kab. Padang Pariaman tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatori. Populasi
dalam penelitian ini adalah semua peserta didik paket C di PKBM Delima Bandara
yang berjumlah 77 orang. Penarikan sampel ditentukan melalui rumus slovin dengan
total sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang dengan menggunakan teknik
simple random sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer, dan
teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda
dengan menggunakan program SPSS versi 23.0. Uji yang digunakan adalah uji
asumsi klasik dan uji hipotesis yang terdiri dari uji F, uji koefisien determinasi, dan
uji t.
Hasil
analisis
regresi
berganda
yang di peroleh persamaan
Y=28,417+0,400X_1-0,141X_2+e. Pengujian hipotesis secara simultan di peroleh F
hitung sebesar 26,952, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil
dari nilai 0,05. Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan
kebiasaan belajar dan dukungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
iklim belajar paket C. Hal ini berarti bahwa semakin baik kebiasaan belajar dan
dukungan sosial yang diterima peserta didik, maka semakin baik pula iklim belajar
yang tercipta di PKBM Delima Bandara. Oleh karena itu, disarankan agar peserta
didik dapat meningkatkan kebiasaan belajar yang efektif dan memanfaatkan
dukungan sosial yang ada untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif.
Actions (login required)
|
View Item |