Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Daya Ledak Otot Lengan, dan Tinggi Badan terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putri VAC Kabupaten Solok Selatan.

Guspita, Rika (2024) Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Daya Ledak Otot Lengan, dan Tinggi Badan terhadap Kemampuan Smash Atlet Bolavoli Putri VAC Kabupaten Solok Selatan. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_06_RIKA_GUSPITA_21340010_2778_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah belum maksimalnya kemampuan smash yang dilakukan atlet bolavoli putri VAC Kabupaten Solok Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh daya ledak otot tungkai, daya ledak otot lengan dan tinggi badan terhadap kemampuan smash atlet bolavoli putri VAC Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sehingga sampel berjumlah 20 orang atlet. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap keempat variabel. Untuk daya ledak otot tungkai di tes dengan vertical jump, daya ledak otot lengan dengan one Medicine Ball put, tinggi badan dengan microtoise. Sedangkan kemampuan smash di ukur dengan tes smash. Data dianalisis dengan analisis jalur (Path Analysis). Hasil menunjukkan bahwa:1) Daya ledak otot tungkai berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kemampuan smash sebesar 29,1%, 2) Daya ledak otot lengan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kemampuan smash sebesar 31,2%, 3) Tinggi badan berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kemampuan smash sebesar 44,9%, 4) Daya ledak otot tungkai berpengaruh secara tidak langsung terhadap kemampuan smash melalui tinggi badan sebesar 44,2%, 5) Daya ledak otot lengan berpengaruh secara tidak langsung terhadap kemampuan smash melalui tinggi badan sebesar 34,6%, 6) Daya ledak otot tungkai, daya ledak otot lengan, dan tinggi badan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kemampuan smash sebesar 94,8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSazeli, MuhammadUNSPECIFIED
CorrectorBafirman, BafirmanUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, YuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DAYA LEDAK, KEMAMPUAN SMASH, BOLAVOLI
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Jun 2024 07:13
Last Modified: 11 Jun 2024 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52449

Actions (login required)

View Item View Item