Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman

Diana, Novia (2024) Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Kedisiplinan Belajar Peserta Didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_NOVIA_DIANA_17005030_1070_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kedisiplinan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Hal ini disebabkan oleh rendahnya perhatian orang tua kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran perhatian orang tua pada peserta didik, gambaran kedisiplinan belajar dari peserta didik, dan melihat hubungan perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar peserta didik di TPA Mushalla Al-Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelompok Al-Quran yang terdaftar di TPA Mushalla Al-Hikmah Kampung Baru Padusunan Kota Pariaman yang berjumlah 39 orang. Sampel dalam penelitian ini mengunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedomen kuesioner. Teknik analisi data menggunakan rumus persentase dan rumus pearson product moment correlation. Hasil penelitian menujukan bahwa (1) perhatian orang tua pada peserta didik dikategorikan rendah, (2) kedisiplinan belajar peserta didik pada peserta didik dikategorikan rendah, (3) terdapat hubungan yang sangat signifikan antara perhatian orang tua dengan kedisiplinan belajar peserta didik di TPA Mushalla Al Hikmah Padusunan Kota Pariaman. Selanjutnya saran peneliti berikan adalah kepada orang tua diharapkan dapat memperhatikan proses belajar anak mulai dari rumah mulai komunikasi yang baik dan perhatian terhadap kebutuhan belajar di rumah. Kemudian diharapkan juga kepada peserta didik agar lebih meningkatkan kedisiplinan belajar atas kemauan dan motivasi diri sendiri bukan tergantung dorongan orang tua dan pendidik. Dan diharapkan kepada pengurus dan pendidik agar memberikan pembelajaran yang lebih menarik dengan metode terbaru sehingga peserta didik rajin mengikuti kegiatan proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSolfema, SolfemaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorNatsir, MhdUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Jun 2024 03:43
Last Modified: 11 Jun 2024 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52440

Actions (login required)

View Item View Item