Hubungan Antara Strategi Pembelajaran dengan Partisipasi Anggota Mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram di Kelompok Tani Raso Kota Payakumbuh

Taufik, Hanifah Aaliyah (2024) Hubungan Antara Strategi Pembelajaran dengan Partisipasi Anggota Mengikuti Pelatihan Budidaya Jamur Tiram di Kelompok Tani Raso Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_HANIFAH_AALIYAH_TAUFIK_19005121_920_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah kepentingan awal manusia yang berguna untuk memperbaiki kualitas hidup, pencapaian mutu hidup yang semakin maju, dan sejahtera. Pendidikan juga merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah ataupun masyarakat dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, strategi pembelajaran menempati peran yang penting dalam pembelajaran disamping kemahiran instruktur dalam mengelolanya ketika pelatihan. Dapat dikatakan peran strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran menjadi lebih menarik atau tidak monoton disampaikan satu arah oleh instruktur dan membuat kelas menjadi terarah, dalam artian keputusan-keputusan diambil berdasarkan pertimbangan serta pembelajaran menjadi lebih atraktif dan terencana dan anggota tidak mudah bosan pada saat pelatihan Suatu partisipasi dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukkan menyukai suatu hal lainnya dan dapat pula dimanifestasikan melalui partisipasi dalam suatu aktivitas. Partisipasi terhadap subyek tertentu cenderung untuk memberikan perhatian yang lebih besar terhadap subjek tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan strategi pembelajaran korelasional. Adapun populasi dari penelitian ini adalah 26 dengan sampel 26 responden. Instrumen utama dalam penelitian adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus presentasi dan korelasi rumus Sprearman Rho. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran pada anggota pelatihan budidaya jamur tiram tergolong rendah; 2) Partipasi anggota pelatihan budidaya jamur tiram tergolong rendah; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran dengan partisipasi anggota dalam pelatihan budidaya jamur tram kelompok Tani Raso Kota Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSumarti, VeviUNSPECIFIED
CorrectorSyua'ani, Syua'aniUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jun 2024 09:38
Last Modified: 10 Jun 2024 09:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52430

Actions (login required)

View Item View Item