Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD

Tanjung, Yudi Aksan (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YUDI_AKSAN_TANJUNG_18004144_1385_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pengembangan media video pembelajaran ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media bantu dalam pembelajaran, kurangnya kemampuan pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dalam rangka mengatasi masalah tersebut maka dikembangkan media pembelajaran . Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian ini mengadopsi desain penelitian pengembangan yang dikenal dengan Research and Development (R&D). dengan mengikuti model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji Validitas produk dilakukan oleh 3 validator yaitu satu orang validator ahli materi, dan dua orang validator ahli media. Uji praktikalitas dilakukan kepada 22 orang siswa kelas IV di SD Negeri 26 Air Tawar dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk. Kemudian, nilai pre-test dan post-test digunakan untuk menilai keefektivitasan dari media yang dikembangkan. Hasil uji validitas produk dari validator I mendapat nilai 4,93 dengan kategori sangat valid. Uji validitas produk dari validator II mendapat nilai 4.83 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya validasi materi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran IPAS mendapatkan nilai 4,83 dengan kategori sangat valid. Selanjutnya, untuk hasil uji kepraktisan produk yang telah dilakukan oleh siswa kelas IV SD mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,65 dengan kategori sangat praktis. Kemudian, dilakukan uji efektivitas dengan perolehan nilai Sig. p value 0,00< 0,05, sehingga penggunaan media pembelajaran ini, dinyatakan efektif karena terdapat perbedaan signifikan antara nilai belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan video pembelajaran yang telah dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
CorrectorZen, ZelhendriUNSPECIFIED
CorrectorHendri, NofriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jun 2024 08:35
Last Modified: 10 Jun 2024 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52426

Actions (login required)

View Item View Item