Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen atas Komoditi Bawang Merah di Indonesia

Arinni, Amelia (2024) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan Konsumen atas Komoditi Bawang Merah di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_AMELIA_ARINNI_19060034_2085_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) dampak harga bawang merah kepada konsumsi bawang merah di Indonesia, (2) pengaruh dari harga bawang putih terhadap jumlah permintaan bawang merah di Indonesia, (3) dampak harga cabai merah kepada konsumsi bawang merah di Indonesia, (4) pengaruh jumlah permintaan di Indonesia akibat pendapatan perkapita masyarakat dan ( 5) dampak jumlah penduduk terhadap permintaan bawang merah di negara Indonesia. Penelitian ini bersifat deskriptif dan asosiatif merupakan penelitian yang mendeskripsikan variabel-variabel penelitian dan menguji ada tidaknya pengaruh antara variabel independen dan dependen. Jenis data penelitian ini adalah data panel regional Indonesia pada tahun 2017 hingga 2021. Teknik analisisnya yaitu deskriptif dan induktif Analisis induktif meliputi: (1) uji T, (2) uji F pada taraf sifnifikansi 5%. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi panel. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Harga bawang merah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap permintaan bawang merah di Indonesia, (2) Harga bawang putih berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan bawang merah di Indonesia, (3) Harga cabai merah berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan bawag merah di Indonesia, (4) Pendapatan perkapita berepngaruh positif dan tidak signifikan terhadap permintaan bawang merah di Indonesia, dan ( 5) Jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan bawang merah di Indonesia. Demikian secara bersama-sama ( simultan) harga bawang putih, harga cabai merah dan jumlah penduduk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap permintaan bawang merah di Indonesia. Diharapkan kepada pemerintah agar lebih memperhatikan lagi informasi harga dari komoditi bawang merah kepada konsumen, dimana seperti yang diketahui bahwa harga bawang merah selalu berfluktuasi, sedangkan bawang merah selalu dibutuhkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSentosa, Sri UlfaUNSPECIFIED
CorrectorSatrianto, AlponUNSPECIFIED
CorrectorAkbar, Urmatul UskaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:55
Last Modified: 07 Jun 2024 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52404

Actions (login required)

View Item View Item