Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar.

Syahputra, Frandrio (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_05_FRANDRIO_SYAHPUTRA_1304435_783_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Masih belum cukup tersedianya media pembelajaran yang dapat memaksimalkan kemampuan belajar siswa. Oleh karena itu guru harus mampu mengembangkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa. Salah satu media pembelajaran yang mendukung tujuan tersebut adalah menggunakan media pembelajaran multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri 2 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar yang valid, praktis, efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (dessiminate). Tahap define dilakukan analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis siswa. Tahap design dilakukan perancangan terhadap media pembelajaran. Tahap development dilakukan uji validitas melalui lembar validasi media pembelajaran, uji praktikalitas melalui lembar observasi keterlaksanaan media, angket respon guru dan siswa, uji efektivitas diperoleh dari penilaian kompetensi pengetahuan. Tahap dessiminate dilakukan penyebaran perangkat. Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran Interaktif pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah diuji dan dinyatakan valid yaitu sebesar 89,09% dalam kategori valid, praktis oleh respon guru 89.38% masuk kategori sangat praktis, respon siswa 90,09% masuk kategori sangat praktis, dari rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari tanpa menggunakan media 74.08, menggunakan media menjadi 85.92 masuk kategori efektif, dengan nilai tersebut multimedia interaktif dikategorikan sebagai media yang valid, praktis dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorRefdinal, RefdinalUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF, TEKNOLOGI INFORMASI, KOMUNIKASI
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
T Technology > TI Technology Information, Computer
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:54
Last Modified: 07 Jun 2024 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52398

Actions (login required)

View Item View Item