Transformasi Cerpen Layonsari ke Pementasan Drama Reinkarnasi Layonsari Karya Kadek Sonia Piscayanti dan Pemanfaatannya dalam Mata Kuliah Apresiasi Drama Indonesia.

Windari, Essy Yunita (2024) Transformasi Cerpen Layonsari ke Pementasan Drama Reinkarnasi Layonsari Karya Kadek Sonia Piscayanti dan Pemanfaatannya dalam Mata Kuliah Apresiasi Drama Indonesia. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_02_ESSY_YUNITA_WINDARI_22174018_2328_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur pembangun cerita pendek Layonsari karya Kadek Sonia Piscayanti; (2) mendeskripsikan unsur pembangun pementasan drama Reinkarnasi Layonsari karya Kadek Sonia Piscayanti; (3) mendeskripsikan transformasi cerpen Layonsari ke pementasan drama Reinkarnasi Layonsari karya Kadek Sonia Piscayanti; dan (4) menghasilkan bahan ajar berdasarkan hasil penelitian transformasi cerpen Layonsari ke pementasan drama Reinkarnasi Layonsari karya Kadek Sonia Piscayanti untuk mata kuliah Apresiasi Drama Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian sastra dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah kata-kata, klausa, frasa, kalimat, dan paragraf yang menggambarkan struktur cerita singkat Layonsari, dan pementasan drama Reinkarnasi Layonsari. Sumber data pertama dalam penelitian ini adalah cerpen "Layonsari" oleh Kadek Sonia Piscayanti dalam kumpulan cerpen "Perempuan Tanpa Nama" . Sumber data kedua dalam penelitian ini adalah video dari drama “Reinkarnasi Layonsari” yang disutradarai oleh Kadek Sonia Piscayanti yang ditranskripsikan menjadi sebuah teks. Berdasarkan teori, hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan hal hal sebagai berikut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, Cerpen Layonsari dan Pementasan drama Reinkarnasi Layonsari memiliki unsur intrinsik yang sama. Kedua, terdapat ditemukan lima data ekserp atau pengurangan dari cerpen Layonsari ke pementasan drama Reinkarnasi Layonsari karya Kadek Sonia Piscayanti. Ditemukan satu data ekspansi atau penambahan dari cerpen Layonsari ke pementasan drama Reinkarnasi Layonsari karya Kadek Sonia Piscayanti. Ditemukan satu data modifikasi dari cerpen Layonsari ke pementasan drama Reinkarnasi Layonsari karya Kadek Sonia Piscayanti. Ketiga, Bahan ajar yang dihasilkan sebagai pemanfaatan hasil penelitian dalam penelitian ini adalah bahan ajar berupa dokumen digital. Penggunaan dokumen digital lebih praktis dan fleksibel untuk pembelajaran jarak jauh. Dokumen digital tersebut berbentuk dokumen elektronik berformat PDF.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHayati, YenniUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorAbdurahman, AbdurahmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TRANSFORMASI, CERPEN, DRAMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Jun 2024 01:13
Last Modified: 07 Jun 2024 01:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52384

Actions (login required)

View Item View Item