Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat

Thoha, Adi (2023) Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Berpikir Kritis dan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Permesinan Bubut Kelas XI SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_ADI_THOHA_19067002_965_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Karena kemampuan berpikir kritis dan kreatif yang belum berkembang, banyak siswa tidak mencapai standar akademik. Hal ini ditunjukkan oleh nilai yang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa gagal memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), dengan nilai KKM sebesar 75. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan seberapa efektif pembelajaran bubut bubut AR (Augmented Reality) yang menggunakan android terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. yang diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah pembelajaran psikomotorik dalam teknik pemesinan bubut dan meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode Kuantitatif Desain Eksperimen Quasai digunakan dalam penelitian ini untuk menentukan apakah ada atau tidaknya perbedaan pada subjek yang akan diteliti. Untuk melakukan ini, para peneliti memeriksa perbedaan perlakuan pada subjek lain dalam kondisi yang terkendalikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap hasil post-test only untuk berpikir kritis dan kreativitas dari 30 peserta didik yang mengikuti pembelajaran, didapatkan bahwa; berpikir kritis peserta didik dalam penerapan media Augmented Reality yang berjumlah 15 peserta didik dengan hasil analisis rata-rata dapat dilihat dari nilai rata-rata berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen 80,46 dan kelas kontrol 73,06. Kreativitas siswa dalam penerapan media pembelajaran bubut AR yang berjumlah 15 siswa dengan hasil analisis rata-rata 65,07% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran AR bubut berbasis Android di SMK Negeri 1 Sumatera Barat menyatakan berpikir kritis dan kreativitas siswa yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPrasetya, FebriUNSPECIFIED
CorrectorYufrizal, YufrizalUNSPECIFIED
CorrectorRifelino, RifelinoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:32
Last Modified: 06 Jun 2024 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52372

Actions (login required)

View Item View Item