Pengaruh Kombinasi Ekstrak Kunyit (Curcuma domestica Val.) dengan Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap Penyembuhan Luka Sayat pada Mencit Jantan (Mus musculus L.)

Kurnia, Aifa (2024) Pengaruh Kombinasi Ekstrak Kunyit (Curcuma domestica Val.) dengan Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap Penyembuhan Luka Sayat pada Mencit Jantan (Mus musculus L.). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Aifa_Kurnia_20032001_2715_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Luka adalah rusak atau hilangnya jaringan tubuh yang terjadi karena adanya suatu faktor yang mengganggu sistem perlindungan tubuh. Salah satu contoh luka terbuka adalah insisi/luka sayat dimana terdapat robekan linier pada kulit dan jaringan di bawahnya. Salah satu bahan alami yang memiliki potensi sebagai alternatif pengobatan luka sayat adalah kunyit dan VCO. Bagian pada kunyit mengandung kurkumin berfungsi mempercepat penyembuhan luka dan VCO mengandung asam laurat yang berfungsi sebagai antibakteri. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kombinasi ekstrak kunyit (Curcuma domestica Val.) dengan Virgin Coconut Oil (VCO) terhadap persentase dan waktu penyembuhan luka sayat pada mencit jantan (Mus musculus L.). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober sampai Desember 2023 di Rumah Hewan dan Laboratorium Penelitian Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji ANOVA (Analysis of Variance) dengan menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kombinasi ekstrak kunyit (Curcuma domestica Val.) dengan Virgin Coconut Oil (VCO) berpengaruh terhadap persentase dan waktu penutupan luka sayat pada mencit jantan (Mus musculus L.). Kombinasi ekstrak kunyit dengan VCO yang terbaik adalah perbandingan 2:1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtifah, YusniUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorFarma, Siska AliciaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:22
Last Modified: 06 Jun 2024 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52363

Actions (login required)

View Item View Item