Pembuatan E-Modul Fisika Strategi Pembelajaran Kontekstual REACT pada Materi Pemanasan Global Kelas XI SMA/MA

Opina, Ayu (2024) Pembuatan E-Modul Fisika Strategi Pembelajaran Kontekstual REACT pada Materi Pemanasan Global Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_AYU_OPINA_17033005_2923_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi menyebabkan terjadinya perubahan pada kepribadian dan kebiasaan masyarakat. Perkembangan teknologi akan mempengaruhi dunia pendidikan dari sisi kelembagaan, materi, guru, metode, sarana prasarana dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi tantangan yang harus dijawab oleh dunia pendidikan. Dalam Kurikulum 2013, pembelajaran adalah proses belajar interaktif dimana peserta didik tidak hanya berinteraksi dengan pendidik tapi juga dengan sumber belajar, sarana prasarana berupa teknologi, dan lingkungan. Sebagaimana orientasi pengembangan kurikulum 2013 dimana pembelajaran dituntut mampu menyeimbangkan tiga kompetensi peserta didik diantaranya kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan, di samping cara belajar yang holistik dan menyenangkan. Untuk mendukung proses pembelajaran dibutuhkan bahan ajar berupa e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul fisika pada materi pemanasan global kelas XI SMA. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian research and develompment dengan model penelitian pengembangan Plomp. Penelitian ini dibatasi sampai tahap expert review. Pada tahap pertama yaitu penelitian pendahuluan diperoleh data awal berupa analisis kebutuhan dari pelaksanaan wawancara terhadap guru dan pembagian angket kepada siswa SMAN 1 Padang, SMAN 7 Padang dan SMAN 11 Padang serta analisis kurikulum pada KD 3.12 yaitu pada materi Pemanasan Global. Pada tahap kedua yaitu tahap expert review, e-modul divalidasi oleh tenaga ahli yaitu oleh 5 orang dosen Fisika FMIPA UNP. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket wawancara dan validasi. Hasil analisis data didapatkan e-modul fisika strategi pembelajaran kontekstual REACT pada materi Pemanasan global sangat valid. Produk divalidasi oleh lima orang tenaga ahli dengan lembar uji validitas yang terdiri dari tiga komponen penilaian. Komponen pertama yaitu aspek materi dan bahasa dengan nilai rata-rata 0,89 kategori sangat valid. Komponen kedua yaitu karakteristik emodul dengan nilai rata-rata 0,91 kategori sangat valid. Komponen ketiga yaitu strategi pembelajaran kontekstual REACT dengan nilai rata-rata 0,81 kategori valid. Jadi, dari hasil rata-rata dari ketiga komponen ini yaitu 0,88 pada kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan e-modul fisika deangan strategi pembelajaran kontekstual REACT pada Materi pemanasan global yang sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
CorrectorEmiliannur, EmiliannurUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:05
Last Modified: 06 Jun 2024 02:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52361

Actions (login required)

View Item View Item