Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar

Wahyuni, Popi Ulpa (2024) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_Popi_Ulpa_Wahyuni_19129151_1130_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan keadaan sikap atau perilaku seseorang individu yang pada hakikatnya mencerminkan ketaatan dan kepatuhan serta kesadaran dalam menjalankan tugas dan kewajiban untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa Sekolah Dasar yang masih mengabaikan kedisiplinan belajar. Matematika merupakan mata pelajaran yang membutuhkan ketekunan dan disiplin belajar yang tinggi untuk dapat memahaminya. Siswa mengikuti pelajaran di sekolah dengan tujuan memperoleh hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VI di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di lima Sekolah Dasar, di Nagari Pauh Kmbar, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di lima Sekolah Dasar, di Nagari Pauh Kmbar, Kecamatan Nan Sabaris, yang berjumlah 102 siswa, dan sampel sebanyak 81 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Variabel penelitian meliputi kedisiplinan belajar sebagai variabel independen dan hasil belajar sebagai variabel dependen. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 26. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, sebelum dilakukan uji analisis dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas, uji normalitas, dan uji linearitas. Pengujian penelitian menunjukkan : pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa. Ditunjukkan oleh hasil koefisien korelasi (R) sebesar 0,407, dan koefisien determinasi (R2) sebesar 17%. Hasil perhitungan uji t sebesar 3,960, sedangkan pada ttabel adalah 1,990 pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa H0 tolak, sedangkan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa 17% hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar siswa, dan selebihnya 83% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Kesimpulan dari penelitian yaitu, Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI di Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, SyafriUNSPECIFIED
CorrectorMansurdin, MansurdinUNSPECIFIED
CorrectorAnita, YesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jun 2024 10:04
Last Modified: 04 Jun 2024 10:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52340

Actions (login required)

View Item View Item