Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang serta Hubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12 Padang Besi Kota Padang

Zafira, Nadya Rahma (2024) Peningkatan Hasil Belajar Volume Bangun Ruang serta Hubungan Pangkat Tiga dan Akar Pangkat Tiga dengan Model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12 Padang Besi Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NADYA_RAHMA_ZAFIRA_19129269_936_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga di Kelas V SDN 12 Padang Besi Kota Padang. Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru belum maksimal. Pada pelaksanaannya guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran yang inovasi dan pembelajaran belum berbasis pada masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar volume bangun ruang dengan model Problem Based Learning di Kelas V SDN 12 Padang Besi Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian adalah perancanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan pesera didik kelas V sebanyak 25 orang yang terdiri dari 13 orang pesera didik laki-laki dan 12 orang pesera didik perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I memperoleh rata-rata 86,46% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan siklus I pada aspek guru memperoleh rata-rata 86,9% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pelaksanaan siklus I pada aspek pesera didik memperoleh rata rata 83,33% dengan kualifikasi baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 92,85% dengan kualifikasi sangat baik (SB). Pada hasil belajar siklus I memperoleh rata-rata 73,66 dengan kualifikasi cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 85,01 dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa hasil belajar volume bangun ruang serta hubungan pangkat tiga dan akar pangkat tiga di Kelas V SDN 12 Padang Besi dapat meningkat menggunakan model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMasniladevi, MasniladeviUNSPECIFIED
CorrectorZainil, MelvaUNSPECIFIED
CorrectorReinita, ReinitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jun 2024 10:04
Last Modified: 04 Jun 2024 10:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52339

Actions (login required)

View Item View Item