Wahyuni, Putri
(2024)
Perbedaan Motivasi Belajar Anak Usia Dini pada Pembelajaran Daring dan Tatap muka di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi pada saat covid-19 ini banyak anak usia
dini yang sedang mengalami masalah dalam proses belajar mengajar salah satunya
motivasi anak dalam belajar. Akibat dari pembelajaran daring ini menimbulkan
minimnya interaksi langsung antara guru dan anak bahkan antar anak itu sendiri
sehingga dapat menghambat terwujudnya hasil belajar dalam proses belajar
mengajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui Perbedaan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Pada Pembelajaran
Daring dan Tatap muka di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur
Kecamatan Nan Sabaris.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis
komparatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik di
Taman Kanak-Kanak (TK) Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris
berjumlah 46 orang yang terdiri dari 13 responden daring dan 33 responden tatap
muka. Sementara itu sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik
pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket
dengan skala likert. Sementara, teknik analisis data menggunakan rumus
persentase. Membandingkan perbedaan dari nilai rata-rata, sehingga dilakukan
dengan uji t (t-tes). Namun sebelum itu terlebih dahulu dilakukan uji normalitas
dan uji homogenitas.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Motivasi belajar anak
usia dini pada pembelajaran daring di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru
Sunur Kecamatan Nan Sabaris tergolong tinggi. Hal itu bisa dilihat dari hasil yang
diperoleh pada nilai rata-rata: sebanyak 51.8% responden memperoleh skor tiga.
(2) Motivasi belajar anak usia dini pada pembelajaran tatap muka di Taman
Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris tergolong
tinggi. Hal itu bisa dilihat dari hasil yang diperoleh pada nilai rata-rata: sebanyak
43.2% responden memperoleh skor tiga. (3) Tidak terdapat perbedaan motivasi
belajar anak usia dini pada pembelajaran daring dan tatap muka di Taman Kanak
Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris
Actions (login required)
|
View Item |