Perbedaan Motivasi Belajar Anak Usia Dini pada Pembelajaran Daring dan Tatap muka di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris

Wahyuni, Putri (2024) Perbedaan Motivasi Belajar Anak Usia Dini pada Pembelajaran Daring dan Tatap muka di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_PUTRI_WAHYUNI_17022161_1354_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi pada saat covid-19 ini banyak anak usia dini yang sedang mengalami masalah dalam proses belajar mengajar salah satunya motivasi anak dalam belajar. Akibat dari pembelajaran daring ini menimbulkan minimnya interaksi langsung antara guru dan anak bahkan antar anak itu sendiri sehingga dapat menghambat terwujudnya hasil belajar dalam proses belajar mengajar. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Pada Pembelajaran Daring dan Tatap muka di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis komparatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik di Taman Kanak-Kanak (TK) Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris berjumlah 46 orang yang terdiri dari 13 responden daring dan 33 responden tatap muka. Sementara itu sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Sementara, teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Membandingkan perbedaan dari nilai rata-rata, sehingga dilakukan dengan uji t (t-tes). Namun sebelum itu terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Motivasi belajar anak usia dini pada pembelajaran daring di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris tergolong tinggi. Hal itu bisa dilihat dari hasil yang diperoleh pada nilai rata-rata: sebanyak 51.8% responden memperoleh skor tiga. (2) Motivasi belajar anak usia dini pada pembelajaran tatap muka di Taman Kanak-Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris tergolong tinggi. Hal itu bisa dilihat dari hasil yang diperoleh pada nilai rata-rata: sebanyak 43.2% responden memperoleh skor tiga. (3) Tidak terdapat perbedaan motivasi belajar anak usia dini pada pembelajaran daring dan tatap muka di Taman Kanak Kanak Nurwarna Pasar Baru Sunur Kecamatan Nan Sabaris

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAulia, PrimaUNSPECIFIED
CorrectorPransiska, RismareniUNSPECIFIED
CorrectorZulminiati, ZulminiatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jun 2024 08:51
Last Modified: 04 Jun 2024 08:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52333

Actions (login required)

View Item View Item