Ramita, Ramita
(2024)
Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan sains pada anak belum
berkembang, dan kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam
pembelajaran sains, sehingga dengan hal tersebut mengakibatkan rendahnya minat
untuk belajar sains pada anak, serta metode yang digunakan kurang memberikan
kesempatan kepada anak dalam mengembangkan kemampuan sainsnya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan
sains anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre
Eksperimental Design (nondesign) dengan rancangan One Grup Pretest-Posttest
Design. Adapun subjek penelitian yaitu Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 11 Padang
sebagai populasi dan kelompok B2 sebanyak 17 anak sebagai sampel. Penelitian
ini dilakukan selama 10 hari (satu hari pretest, delapan hari/empat kali treatment,
dan satu hari posttest). Teknik pengambilan data yang peneliti gunakan yaitu,
observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur pengolahan data ini diantaranya diawali
dengan pengujian validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan
diakhiri uji hipotesis.
Data yang telah terkumpul dilakukan uji normalitas dan didapati data pretest
menunjukkan sig 0.273 > a 0.05 dan data posttest menunjukkan sig 0.299 > a 0.05,
sehingga kedua data berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dan
diperoleh nilai sig = 0.000 < a 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga
dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap
kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah 11 Kota Padang
Actions (login required)
|
View Item |