Peran Pemerintah Nagari dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Ekonomi Produktif di Nagari Sungai Buluah Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Rasifa, Julia Nanda (2023) Peran Pemerintah Nagari dalam Pemberdayaan Masyarakat melalui Kegiatan Ekonomi Produktif di Nagari Sungai Buluah Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_JULIA_NANDA_RASIFA_18042007_1055_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Nagari Sungai Buluah Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman bertujuan untuk mendeskripsikan peran pemerintah nagari dalam pemberdayaan ekonomi produktif di Nagari Sungai Buluah serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan pemberdayaan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peran pemerintah nagari dalam pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan ekonomi produktif belum optimal. Dilihat dari aspek pemerintah sebagai regulator, belum adanya peraturan khusus mengenai pemberdayaan ekonomi produktif di Nagari Sungai Buluah. Sebagai dinamisator, yaitu pelatihan dan pendampingan baru dilakukan satu kali yaitu selama 20 hari, akan tetapi waktunya tidak efektif dikarenakan kedisiplinan anggota. Sebagai fasilitator, sarana dan prasarana yang belum memadai untuk mewujudkan pemberdayaan ekonomi produktif. Adapun faktor pendukung pertama adanya fasilitas yang disediakan untuk kelompok, kedua motivasi dalam diri untuk meningkatkan kemampuan di bidang ekonomi produktif, ketiga akses jalan yang mudah dijangkau. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan ekonomi produktif ialah, pertama pertama keterbatasan sarana yang dimiliki, kedua kurangnya pemasaran produk dan promosi, ketiga kurangnya kedisiplinan anggota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLanin, DasmanUNSPECIFIED
CorrectorMagriasti, LinceUNSPECIFIED
CorrectorYuliarti, YuliartiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEGIATAN EKONOMI PRODUKTIF
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Jun 2024 07:44
Last Modified: 03 Jun 2024 07:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52322

Actions (login required)

View Item View Item