Pengembangan Buku Ajar Materi Tokoh-Tokoh Perempuan Minangkabau untuk Menunjang Implementasi Kurikulum Mardeka di SMA Negeri 1 Lengayang.

Ahmana, Jeni (2023) Pengembangan Buku Ajar Materi Tokoh-Tokoh Perempuan Minangkabau untuk Menunjang Implementasi Kurikulum Mardeka di SMA Negeri 1 Lengayang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_JENI_AHMANA_19046025_1371_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya guru-guru sejarah memperoleh materi ajar sejarah lokal khususnya tentang tokoh perempuan Minangkabau dalam bentuk buku ajar. Konten materi pelajaran sejarah dalam buku pelajaran hanya berfokus kepada muatan sejarah. Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan buku ajar materi tokoh-tokoh perempuan Minangkabau, serta menyajikan hasil uji kelayakan dan kepraktisan buku ajar tokoh-tokoh perempuan Minangkabau Model penelitian menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba buku ajar melibatkan pakar materi sejarah (dosen departemen sejarah FIS UNP), pakar buku ajar, guru sejarah sebagai praktisi pembelajaran sejarah dan peserta didik di SMA Negeri 1 Lengayang. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Analisis data menggunakan rumus rerata. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yakni, analisis kebutuhan guru dan peserta didik serta kurikulum untuk mengembangkan buku ajar, merancang desain buku ajar, mengumpulkan materi tentang tokoh-tokoh perempuan Minangkabau (Rohana Kudus, Rahmah El-Yunusiyyah dan Rasuna Said), membuat draft bagian subbab, aktivitas dan asesmen tiap bab, menyusun materi perbab sesuai draft dan aktivitas tiap bab dan asesmen, mengumpulkan gambar tema bab dan subbab, membuat desain cover dan ukuran buku ajar, melakukan validasi (pengembangan), dan mengimplementasikan buku ajar melalui uji coba ke guru dan peserta didik serta melakukan evaluasi terhadap kelemahan dan kekurangan buku ajar yang dikembangkan. Hasil produk dari penelitian pengembangan buku ajar sejarah lokal dengan subjek uji kelayakan materi melibatkan satu orang dosen departemen pendidikan sejarah yang memperoleh hasil skor 3.57 dengan kategori sangat layak, dan subjek uji kelayakan buku ajar melibatkan satu orang dosen departemen pendidikan sejarah dengan memperoleh skor 3,4 dengan kategori sangat layak, serta subjek uji kelayakan konten dan praktikalisasi buku ajar melibatkan satu orang dosen departemen pendidikan sejarah dengan memperoleh skor 3,42 dengan kategori sangat layak. sehingga dapat disimpulkan buku ajar sejarah lokal sangat layak. Uji praktikalitas melibatkan dua objek penelitain yaitu guru sejarah yang memperoleh hasil skor 3,85 dengan kategori sangat praktis dan siswa SMA Negeri 1 Lengayang yang memperoleh skor 3,85 kategori sangat praktis sehingga buku ajar sejarah loklal sangat praktis digunakan dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa buku ajar sejarah lokal dapat dikembangkan dan diterapkan sebagai sumber pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN BUKU AJAR
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 29 May 2024 08:35
Last Modified: 29 May 2024 08:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52272

Actions (login required)

View Item View Item