Analisis Risiko Kebakaran Ditinjau dari Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman.

Fajar, Muhammad (2024) Analisis Risiko Kebakaran Ditinjau dari Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_MUHAMMAD_FAJAR_21323116_2898_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman memiliki berbagai risiko kebakaran mulai dari mengalami korsleting listrik, penggunaan barang barang yang mudah terbakar, penggunaan genset dengan bahan bakar solar, serta belum pernah dilakukan pengecekan atau evaluasi terhadap sarana proteksi kebakaran yang ada. Pemeriksaan terhadap perlengkapan pencegahan kebakaran dari berbagai aspek sangat diperlukan guna menjamin keselamatan bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko kebakaran ditinjau dari sistem proteksi kebakaran pada gedung tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan dan wawancara dengan pengelola gedung, staf dan teknisi kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman. Untuk mendapatkan penilaian risiko dari tingkat kemungkinan (likehood) dan tingkat keparahan (severity), dilakukan analisis data dengan menggunakan matriks risiko menurut panduan AS/NZS 4360:2004 tentang Risk Management. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian keseluruhan sistem proteksi kebakaran dari 65 elemen persyaratan berdasarkan PERDA Kabupaten Padang Pariaman No 2 Tahun 2017, PerMen PU No. 26/PRT/M/2008 dan Pd- T-11-2005-C adalah sebanyak 51 (81%) sudah sesuai dengan standar dan sisanya 14 (19%) tidak memenuhi standar. Dapat disimpulkan bahwa sistem proteksi kebakaran yang ada pada gedung kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman secara keseluruhan belum memadai. Tingkat risiko meluasnya kebakaran yang disebabkan oleh ketidaksesuaian sistem proteksi kebakaran berada dalam kategori high risk (risiko tinggi), dengan kondisi tingkat kemungkinan (likelihood) dalam kategori moderate dan tingkat keparahannya (severity/consequence) dalam kategori moderate.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorApdeni, RismaUNSPECIFIED
CorrectorAbdullah, RijalUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KEBAKARAN, PROTEKSI KEBAKARAN, BANGUNAN GEDUNG
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 29 May 2024 03:59
Last Modified: 29 May 2024 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52255

Actions (login required)

View Item View Item