Pengembangan E-Modul Berbasis Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP

Recyialini, Viorin (2024) Pengembangan E-Modul Berbasis Flipped Classroom pada Mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_VIORIN_RECYALINI_19004031_2399.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa fakta temuan dilapangan. Hal ini disebabkan, karena siswa kehilangan motivasi dalam belajar sehingga berdampak terhadap hasil belajar. Hal itu dekarenakan kurangnya pengembangan bahan ajar, serta metode dan bahan ajar yang digunakan masih kurang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar E-Modul Informatika untuk kelas VII SMP dengan materi yang terdiri dari peramban (browser), dan juga Surel (e-mail). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap dalam pengembangan, yaitu analisis (analysis), Perencanaan (design) pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Uji validasi produk dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 validator materi dan 2 validator media. Uji coba produk dilakukan oleh 1 orang guru informatika dan 30 siswa kelas VII.2 SMPN 14 Padang dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan dan efektivitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar e-modul yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 97,1% untuk materi, 96% untuk media dengan kategori sangat layak. Hasil respon guru dan peserta didik mendapatkan tingkat kepraktisan 92,7% dari siswa dengan kategori sangat praktis. Uji efektivitas yang telah dilakukan menunjukkan t hitung>t tabel sehingga menunjukkan bahwa produk ini efektif dan dapat digunakan. Berdasarkan uji validasi, praktikalitas, dan efektivitas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul yang dihasilkan ini layak sehingga dapat digunakan pada mata pelajaran Informatika kelas VII SMP. E-modul ini juga dapat meningkatkan hasil belajar, terbukti hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari skor pre-test ke post-test.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorAmalia, WinandaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN, E-MODUL INFORMATIKA, FLIPPED CLASSROOM
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 May 2024 07:54
Last Modified: 29 May 2024 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52245

Actions (login required)

View Item View Item