Desain Diagnostik Cepat Mycobacterium tuberculosis yang Resisten Terhadap Isoniazid Berbasis Loop-Mediated Isothermal Amplification (LAMP)

Aulia, Ony Nattasha (2024) Desain Diagnostik Cepat Mycobacterium tuberculosis yang Resisten Terhadap Isoniazid Berbasis Loop-Mediated Isothermal Amplification (LAMP). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Ony_Nattasha_Aulia_20032080_2040_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tuberkulosis (TB), yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis (MTB), tetap menjadi salah satu penyebab utama kematian di Indonesia. Keterbatasan alat diagnostik untuk TB, termasuk Tuberkulosis Resistensi Obat (TB-MDR), turut berkontribusi pada peningkatan jumlah kasus. MDR-TB merupakan bentuk TB yang resisten terhadap Obat Anti Tuberkulosis (OAT), seperti Isoniazid (INH). Merespons hal ini, metode cepat tanpa peralatan yang mahal seperti Loop-Mediated Isothermal Amplification (LAMP) merupakan salah satu metode deteksi MDR TB yang direkomendasikan WHO. Penelitian ini bertujuan untuk merancang primer, menguji spesifisitas primer dan mengoptimasi metode LAMP untuk mendeteksi M. tuberculosis yang resisten terhadap Isoniazid. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan bioinformatika untuk merancang primer LAMP. Desain primer dilakukan menggunakan aplikasi PrimerExplorerV5. Optimasi metode LAMP melibatkan parameter suhu dan waktu, dengan enam perlakuan suhu dan sepuluh perlakuan waktu. Optimasi reaksi LAMP menggunakan genome M. tuberculosis sebagai cetakan DNA Penelitian ini berhasil mendesain tiga pasang primer untuk reaksi LAMP, yaitu F3, B3, FIP, BIP, LF, dan LB. Suhu optimum untuk reaksi LAMP dalam mendeteksi mutasi gen katG adalah 60°C, sementara untuk gen inhA adalah 65°C. Waktu optimum reaksi LAMP untuk gen katG dan gen inhA adalah 50 menit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
Thesis advisorFaizal, IrvanUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
CorrectorAchyar, AfifatulUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 27 May 2024 04:50
Last Modified: 27 May 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52193

Actions (login required)

View Item View Item