Pengaruh Lingkungan Belajar, Persepsi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Sekolah Dasar Negeri 10 Kunangan Parit Rantang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung

Pratama, Windi Surya (2024) Pengaruh Lingkungan Belajar, Persepsi Diri dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Sekolah Dasar Negeri 10 Kunangan Parit Rantang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_WINDI_SURYA_PRATAMA_18199052_1506_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah rendahnya Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Sekolah Dasar Negeri 10 Kunangan Parit Rantang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar, persepsi diri dan motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Penjasorkes Siswa Sekolah Dasar Negeri 10 Kunangan Parit Rantang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung. Jenis penelitian yaitu kuantitatif menggunakan disains penelitian korelasi dengan metode asosiatif kausal. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa yang terdiri dari kelas IV, V dan VI. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variable yaitu, menggunakan kuesioner untuk variabel lingkungan belajar, persepsi diri, dan motivasi belajar, serta data lapor untuk hasil belajar.Data dianalisis dengan analisis jalur (Paht Analysis). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh langsung antara lingkungan belajar terhadap Hasil Belajar Penjasorkes sebesar 8,2%, (2) Terdapat pengaruh langsung antara persepsi diri terhadap Hasil Belajar Penjasorkes sebesar 15,3%, (3) Terdapat pengaruh langsung antara motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Penjasorkes sebesar 14,1%, (4) Tidak terdapat pengaruh langsung antara lingkungan belajar terhadap persepsi diri, (5) Terdapat pengaruh tidak langsung antara lingkungan belajar terhadap Hasil Belajar Penjasorkes melalui motivasi belajar sebesar 4,2%, (6) Tidak terdapat pengaruh tidak langsung antara persepsi diri terhadap Hasil Belajar Penjasorkes melalui motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWelis, WildaUNSPECIFIED
CorrectorAziz, IshakUNSPECIFIED
CorrectorSyahrastani, SyahrastaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LINGKUNGAN BELAJAR, PERSEPSI DIRI, MOTIVASI BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 May 2024 04:49
Last Modified: 27 May 2024 04:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52189

Actions (login required)

View Item View Item