Komparasi Model Pembelajaran PBL dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI di SMAN 1 2x11 Enam Lingkung

Zahra, Ismi Rahmita (2024) Komparasi Model Pembelajaran PBL dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI di SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Ismi_Rahmita_Zahra_19033100_2535_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu cara menanggulangi hasil belajar fisika yang rendah adalah guru bisa memakai model ajar yang relevan antara lain terhadap karakteristik dari peserta didik, sarana yang tersedia dan juga dengan karakteristik materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar fisika antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kelas XI SMAN 1 2x11 Enam Lingkung. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 2x11 Enam Lingkung yang terdaftar Tahun Ajaran 2023/2024. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian meliputi hasil belajar fisika peserta didik pada aspek kognitif. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen tes dengan bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis pada taraf signifikan (α) = 0,05. Berdasarkan uji hipotesis dilakukan terhadap nilai posttest peserta didik didapatkan hasil t hitung = 1,792 > t tabel = 1,667 sehingga H 0 ditolak dan H diterima. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi kesetimbangan dinamika rotasi dan benda tegar serta elastisitas dan hukum hooke. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHufri, HufriUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, HidayatiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 May 2024 04:48
Last Modified: 22 May 2024 04:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52161

Actions (login required)

View Item View Item