Putri, Ajeng Mutiara
(2024)
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Tari Tradisi Melalui Model Cooperative Learning Kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa
dalam Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) melalui model cooprative Learning
dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA dalam pembelajaran Seni Tari
melalui model cooprative learning di SMA PGRI 1 Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action
Research). Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahap perencanaan, tindakan,
pengamatan, refleksi. Instrumen penilaian berupa tes tertulis dan tes praktek. Data
dikumpulkan melalui tes tertulis, tes praktek, studi dokumen dan observasi. Data
dianalisis dengan menggunakan rumus presesntase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Cooperative Learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA PGRI 1 Padang karena
Model Cooperative Learning ini dapat langsung membawa siswa ke proses
pembelajaran yang optimal juga memperaktekan materi secara langsung. Dengan
adanya kelompok belajar membuat siswa lebih aktif dan berkerja sama dalam
memperaktekan Tari. Pada hasil belajar siswa pada siklus I belum meningkat
secara signifikan dengan jumlah nilai Rata-rata prsentase 74 dengan Jumlah siswa
yang tidak tuntas 12 orang dan yang tuntas 7 orang. Namun demikian penelitian
ini
tidak berhenti sampai disitu saja yaitu dilanjutkan pada siklus II yang
bertujuan memperbaiki cara belajar dan lebih memotivasi siswa untuk terus giat
belajar dan berlatih, sehingga lebih memfokuskan siswa untuk fokus kedalam
pelajaran. Setelah dilaksanakan pada siklus II nilai rata-rata 87 dengan jumlah
siswa yang tuntas 16 orang dan yang tidak tuntas 3 orang. Oleh karena itu dapat
disimpulkan nilai rata-rata koognitif dan pisikomotorik di Siklus I adalah 74 dan
disiklus II mengalami peningkatan menjadi 87 Jadi adanya peningkatan hasil
belajar seni tari menggunakan Model Cooperative Learning karena target yang
dicapai telah berhasil
Actions (login required)
|
View Item |