Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Kesenian Tradisional Tari Kayie di Kampung Laban Nagari Salido Kecamatan IV Jurai Painan Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Nilam Permata (2024) Pembentukan Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Kesenian Tradisional Tari Kayie di Kampung Laban Nagari Salido Kecamatan IV Jurai Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_NILAM_PERMATA_SARI_22161020_1654_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis serta mengungkapkan Pembentukan karakter melalui nilai-nilai pembelajaran kesenian tradisionla tari kayie di Nagari Laban Salido kecamatan IV Jurai Painan Kabupaten Pesisir Selatan. Terdapat nilai-nilai etika dan karakter yang tersembunyi di dalam kesenian Tradisional Tari Kayie Kampung Laban Nagari Saldio Kecamatan IV Jurai Painan Pesisir selatan yang bisa mejadi Patokan dan tujuan arah dalam pembentukan karakter bagi generasi muda kearah yang lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode naturalistik. Informan penelitian ini adalah Seniman sekaligus pelaku seni dari Pesisir selatan bernama Agusman atau biasa dipanggil Cakgun sebagai pencipta kesenian Tari Kayie di Nagali Laban Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir selatan. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengna instrument pendukung seperti alat tulis, perekam suara, dan kamera. Data dikumpulkan dengan cara studi kepustakaan, observsi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah koleksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitin menunjukan bahwa pembentukan karakter melalui nilai-nilai pembelajaran kesenian tari kayie bertujuan untuk mengetahui serta mengimplimentasikan nilai karakter tersebut kedalam kehidupan sehari-hari. Nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kesenian tari kayie seperti Nilai Ketuhanan, Nilai sosial, nilai Budaya, nilai tanggung jawab dan Nilai estetika, menjadikan pribadi seseorang menjadi Tangguh dan kuat dalam menjalani kehidupan. Tari kayie memiliki 11 gerak utama yang harus ada dalam tari kayie, seluruh gerakan yang terdapat dalam kesenian tari kayie mempunyai makna dan pesan tersendiri didalam nya. Kesenian tari kayie hanya dilakukan oleh 1 orang penari laki-laki dengan diiringi alat musik tradisional Minangkabau, seperti Gandang, talempong, Pupuik Batang Padi, katindiak, dan Saluang. Pakaian yang digunakan dalam tarian ini juga merupakan pakaian tradsional sehari-sehari laki-laki zaman terdahulu seperti galembong, baju hitam langan Panjang, dan sasampiang serta deta batik diatas kepala.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBudiwarman, BudiwarmanUNSPECIFIED
CorrectorEfi, AgustiUNSPECIFIED
CorrectorAgustina, AgustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBENTUKAN NILAI-NILAI KARAKTER, PEMBELAJARAN KESENIAN TRADISIONAL, TARI KAYIE
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 May 2024 01:57
Last Modified: 20 May 2024 01:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52044

Actions (login required)

View Item View Item