Kelayakan Konsentrasi Ekstarak Kulit Buah Delima (Punica Granatum L) dan Ekstrak Bunga Mawar (Rosa Hybrid L) sebagai Lip Balm

Tari, Tari (2024) Kelayakan Konsentrasi Ekstarak Kulit Buah Delima (Punica Granatum L) dan Ekstrak Bunga Mawar (Rosa Hybrid L) sebagai Lip Balm. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_TARI_19078079_1071_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Lip balm merupakan produk perawatan yang bisa menjaga kelembaban bibir yaitu sejenis salep yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan bibir kering. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi percampuran antara ekstrak kulit buah delima (punica granatum L) dan ekstrak bunga mawar (rosa hybrid L). kulit delima kaya akan flavonoid, asam fenolat, dan tanin yang berkhasiat sebagai antioksidan. Bunga mawar terdapat beberapa kandungan yaitu tannin, asam geranik dan zat antosianin. Lip balm merupakan kosmetik yang digunakan sebagai pelembab bibir dan supaya mengkilatkan bibir. Salah satu sumber antioksidan dari tumbuh tumbuhan dengan kandungan fenol, antosianin, dan vitamin C yang cukup tinggi serta asam elagik yang dapat mempertahankan kelembaban bibir adalah kulit buah delima. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Tempat dan waktu penelitian dilakukan di Laboratorium Universitas Perintis Indonesia. Pengumpulan data melalui 7 orang panelis yang terdiri dari 2 orang dari farmasi UPERTIS, 2 orang dosen Jurusan Tata Rias dan Kecantikan UNP, dan 3 orang mahasiswa Jurusan Tata Rias dan Kecantikan UNP angkatan 2019. Penelitian ini dilakukan dengan 2 konsentrasi formula yaitu F1 dan F2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi dengan teknik analisa deskriptif yang menampilkan frekuensi dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan uji laboratorium yaitu uji pH dan uji homogenitas pada F1 dan F2 sediaan lip balm ekstrak kulit buah delima dan ekstrak bunga mawar sebagai pelembab bibir menunjukan hasil uji PH yang sesuai dengan standar pH bibir yaitu F1 dab F2 yaitu 5 serta uji homogenitas menunjukan hasil bahwa sediaan F1 dan F2 homogen. Uji organoleptik menunjukan warna coklat pekat, cukup beraroma khas ekstrak kulit buah delima, dan tekstur halus. Uji hedonik menunjukan kesukaan panelis memiliki hasil penilaian suka pada F2 sebagai hasil terbaik. Kesimpulan: lip balm dengan ekstrak kulit buah delima dan ekstrak bunga mawar layak untuk dijadikan sediaan lip balm dilihat dari uji laboratorium (uji pH dan uji homogenitas), uji organoleptik (tekstur, warna, dan aroma), dan uji hedonik (kesukaan panelis). Saran: kepada peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut untuk pembuatan lip balm dari bahan alami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYanita, MeritaUNSPECIFIED
CorrectorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
CorrectorNovelni, RinggaUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > CO Cosmetic
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 May 2024 09:37
Last Modified: 17 May 2024 09:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52035

Actions (login required)

View Item View Item