Pola Persebaran Dan Pemanfaatan Kawasan Oleh Peladang Di Hutan Nagari Buluh Kasok Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung

Hariyanti, Fina (2024) Pola Persebaran Dan Pemanfaatan Kawasan Oleh Peladang Di Hutan Nagari Buluh Kasok Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_06_FINA_HARIYANTI_19136137_794_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Potensi hutan nagari. 2) Pola persebaran ladang di kawasan hutan nagari. 3) Pemanfaatan kawasan oleh peladang di hutan nagari. Penelitian ini merupakan penelitian mix method, kombinasi dari metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Hutan Nagari Buluh Kasok, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung. Teknik pengumpulan data meliputi proses pengukuran dan pengambilan data langsung ke lapangan menggunakan GPS (Global Positioning System), wawancara dan penyebaran angket. Penelitian ini menemukan: 1) Potensi Hutan Nagari Buluh Kasok melalui perhitungan skoring berdasarkan indikator keberlimpahan, kemampuan sumber daya manusia, teknologi, modal dan pasar. 2) Hasil pola persebaran ladang dalam kawasan Hutan Nagari Buluh Kasok berdasarkan analisis Average Nearest Neighbor pada Software ArcGIS adalah pola acak (random) dengan Nearest Neighbor Ratio 1,136415 dan z-score 1,278495. 3) Pemanfaatan kawasan Hutan Nagari sebanyak 31% dari luas Hutan Nagari + 763 ha. Jumlah peladang yang teridentifikasi sebanyak 77 peladang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwaningsih, EndahUNSPECIFIED
CorrectorIskarni, PausUNSPECIFIED
CorrectorYulfa, ArieUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Potensi, Pola Persebaran, Pemanfaatan, Hutan Nagari
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 May 2024 02:36
Last Modified: 17 May 2024 02:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51991

Actions (login required)

View Item View Item