Pratama, Cindia
(2024)
Kajian jawaban soal analisis pada
pembelajaran geografi kelas XI materi posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia dan potensi sumber daya alam pada kurikulum merdekan di SMAN 1 Lintau Buo.
Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1)Untuk mengetahui apa saja yang menjadi
pertimbangan guru dalam membuat soal dan menganalisis bagaimana tolok ukur
guru dalam menilai jawaban siswa pada soal yang mengandung analisis.2)Untuk
mengetahui bagaimana jawaban siswa terhadap soal ulangan harian yang
mengandung analisis.3) Untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa serta
mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam menjawab soal-soal yang berkaitan
dengan analisis.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan
teknik purposive sampling pada 90 siswa dari populasi 143 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan guru dalam membuat
soal analisis sesuai dengan kriteria, mencakup aspek-aspek kritis dengan
menerapkan konsep-konsep geografi. Namun, kriteria penilaian guru kurang
spesifik dalam menekankan konsep geografi pada jawaban siswa. Siswa
mengalami kesulitan dalam menjawab dan menganalisis konsep-konsep geografi
dalam soal, terutama terkait posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia
dan potensi sumber daya alam, hal ini tercermin dari distribusi persentase kategori
tingkat pemahaman siswa, dimana Mayoritas siswa berada dalam Kemampuan
berpikir analisis peserta didik tergolong kategori rendah dengan nilai kategori
persentase rata-rata peserta didik di semua kelas Geografi dengan kategori Tidak
paham 20 %, kategori Kurang paham 78 % , kategori Cukup paham 2 % , kategori
paham 0 %, dan kategori sangat paham 0 %. Hal ini didasari dengan adanya
tingkat pemahaman yang rendah terhadap materi sehingga siswa kesulitan dalam
menjawab soal analisis tingkat C4, yang melibatkan keterampilan berpikir tingkat
tinggi. Oleh karena itu, perlu perhatian lebih terhadap pemahaman siswa dalam
menghadapi soal analisis tingkat C4, yang melibatkan keterampilan berpikir
tingkat tinggi.
Actions (login required)
|
View Item |