Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Serta Implikasinya Dengan Layanan BK

Nasution, Fauzan Habibie (2023) Hubungan Konsep Diri dan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa SMP Serta Implikasinya Dengan Layanan BK. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_FAUZAN_HABIBIE_NASUTION_21.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP Negeri 27 Padang yaitu rendahnya komunikasi interpersonal siswa. Konsep diri dan kecerdasan emosi merupakan faktor yang mempengaruhi komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ( 1) konsep diri, (2) kecerdasan emosi, (3) komunikasi interpersonal, (4) hubungan konsep diri dengan komunikasi interpersonal, ( 5) hubungan kecerdasan emosi dengan komunikasi interpersonal, (6) hubungan konsep diri dan kecerdasan emosi terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. J enis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi pada penelitian ini yaitu 364 siswa dan sampel penelitian ini sebanyak 190 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan penarikan sampel menggunakan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yaitu angket dengan pengukuran Skala Likert, data dianalisis dengan statistik deskriptif korelasional dengan bantuan SPSS versi 25.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) konsep diri yang dimiliki siswa berada pada kategori tinggi, (2) kecerdasan emosi siswa berada pada kategori tinggi, (3) komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori tinggi, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa, (5) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa, ( 6) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosi dengan komunikasi interpersonal siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan kecerdasan emosi terhadap kemampuan komunikasi interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurfarhanah, NurfarhanahUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 17 May 2024 01:53
Last Modified: 17 May 2024 01:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51984

Actions (login required)

View Item View Item