Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pad Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Iv SDN Gugus 1 Wilayah 1 Kecamatan Kubung

Wahyuni, Sri (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pad Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Iv SDN Gugus 1 Wilayah 1 Kecamatan Kubung. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SRI_WAHYUNI_18124050_2236_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beberapa maslah ditemukan pada observasi awal sebalum penelitian yaitu pelaksanaan proses pembelajaran kurikulum 2013 belum disajikan secara terpadu yang dapat berpengaruh terhadap tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat dipadukan dalam proses pembelajaran tematik terpadu belum terlaksana dengan baik. Motivasi belaajr peserta didik juga belum baik dalam proses pembelajaran tematik terpadu belum terlaksana dengan baik. Motivasi belajar peserta didik juga belum baik dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil pembelajaran. Model yang dapat dilaksanakan pada pemebelajaran tematik terpadu yaitu model pembelajaran Problem Based Learning(PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. Penelitian ini merupaakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment. sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV a dan IV.B SDN 12 Koto Baru sebanyak 28 peserta didik. data penelitian ini diperoleh dari angket dan hasil belajar peserta didik. hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar diperoleh nilai hitung adalah 2,884 > 2,055 maka Ha diterima. (2) terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar peserta didik belajar diperoleh nilai hitung adalah 4, 638>2, 055, maka Ha diterima; (3) terdapat pengaruh model PBL yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik diperoleh F hitung 5, 672.>3,28. maka H1 diterima

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Correctorfitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorErita, YeniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 06:23
Last Modified: 16 May 2024 06:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51941

Actions (login required)

View Item View Item