Perubahan Bentuk Penyajian Silek Paarakan Menjadi Silek Galombang di Jorong Kampung Surau Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya

Mardiani, Nia (2024) Perubahan Bentuk Penyajian Silek Paarakan Menjadi Silek Galombang di Jorong Kampung Surau Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NIA_MARDIANI_19023090_139_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui perubahan Silek Paarakan menjadi Silek Galombang di Jorong Kampung Surau Kenagarian Gunung Selasih Kecamatan Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis dan kamera. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Silek Paarakan mengalami perubahan terlihat dari geraknya yang mana Silek Paarakan terdiri dari 4 motif bentuk gerak, sedangkan gerak dari Silek Galombang memiliki 8 motif bentuk gerak.Desain musik dari kedua Silek masih menggunakan alat musik yang sama yaitu: canang (talempong pacik). Kostum yang dipakai sangat sederhana yang mana kostum dari kedua Silek tidak mengalami perubahan adapun beberapa kostum dari kedua Silek tersebut: baju hitam Silek, celana Silek berwana hitam, peci hitam dan sembek. Jumlah pemain yang dulunya Silek Paarakan hanya terdiri dari 8 orang pemain sedangkan Silek Galombang terdiri dari 14 orang pemain. Desain lantai dari Silek Paarakan seperti 2 garis berbanjar kesamping sedangkan Silek Galombang seperti 2 garis berbanjar kebelankang. Begitupun dengan tempat pertunjukannya yang juga tidak ada perubahan yaitu masih ditampilkan dilapangan terbuka. Silek Galombang merupakan Silek yang khusus ditampilkan pada saat upacara adat Maarak Ninik Mamak ka Rumah Gadang.Upacara tersebut dilakukan sebagai rasa hormat masyarakat Kampung Surau terhadap Ninik Mamak. Silek Paarakan berubah nama menjadi Silek Galombang pada tahun 2000. Perubahan nama ini dirubah oleh Datuak Mangku, alas an perubahan tersebut karena Masyarakat Kampung Surau tidak lagi melakukan Arak-arakan (iring-iringan), oleh sebab itu nama Silek ini berubah menjadi Silek Galombang sampai saat ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansyur, HerlindaUNSPECIFIED
CorrectorAsrianti, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, VennyUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 May 2024 03:31
Last Modified: 16 May 2024 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51931

Actions (login required)

View Item View Item