Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Padang

Waty, Rika Susi (2023) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RIKA_SUSI_WATY_21147012_6884_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra survey di lapangan tergambar bahwa kinerja guru SMP Negeri Kota Padang belum optimal. Hal ini diduga ada kaitannya dengan kepemimpinan kepala sekolah yang belum baik dan iklim sekolah yang belum kondusif. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk menguji kebenarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri Kota Padang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru, (2) iklim sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kota Padang yang berjumlah 1.099 orang. Sampel penelitian berjumlah 220 orang yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala penilaian dan angket model Skala Likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: ( 1) kepemimpinan kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 24,4%, (2) iklim sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 36,9%, (3) kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah secara bersama-sama berkontribusi terhadap kinerja guru sebesar 51,6%. Tingkat capaian skor kinerja guru 85,53% berada pada kategori baik, dan untuk kepemimpinan kepala sekolah 87,65% berada pada kategori baik sedangkan untuk iklim sekolah 86,83 dari skor ideal berada pada kategori kondusif. Temuan di atas mengimplikasikan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan iklim sekolah adalah dua faktor yang dapat meningkatkan kinerja guru, disamping melalui faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifma, RifmaUNSPECIFIED
CorrectorHadiyanto, HadiyantoUNSPECIFIED
CorrectorIrsyad, IrsyadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 03:31
Last Modified: 16 May 2024 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51930

Actions (login required)

View Item View Item