Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Seesaw di Kelas V Sekolah Dasar

Ridha, Mhd. (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Seesaw di Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MHD_RIDHA_20124052_7560_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik karena kurangnya variasi dan inovasi yang dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran serta banyaknya peserta didik yang menyalahgunakan ponsel cerdas dalam belajar. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar peserta didik yang rendah. Perlu adanya pengembangan pembelajaran yang variatif dan inovatif yang memanfaatkan ponsel cerdas sebagai medianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar yang variatif dan inovatif Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4- D dengan empat tahap yaitu de.fine, desind, develop, dan desseminate. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri 01 Baringin Anam. Penelitian pengembangan ini untuk menguji validitas, praktikalitas dan efektivitas dari pembelajaran tematik terpadu yang dikembangkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran tematik terpadu berbasis Seesaw yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata skor 84, sangat praktis dengan rata-rata skor 90, dan efektif dengan persentase skor 7 5 dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu berbasis Seesaw yang dikembangkan valid, praktis dan efektif serta dapat dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYeni J, FetriUNSPECIFIED
CorrectorArief, DarnisUNSPECIFIED
CorrectorDesyandri, DesyandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 02:26
Last Modified: 16 May 2024 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51915

Actions (login required)

View Item View Item