Syahrial, Melva
(2023)
Hubungan Self Efficacy dan Task Aversiveness dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di SMPN 5 Padang Panjang.
Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami perilaku prokrastinasi akademik di SMPN 5 Padang Panjang. Self efficacy dan task aversiveness merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perilaku prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan self efficacy, task aversiveness dan prokrastinasi akademik, (2) menguji hubungan self efficacy dengan prokrastinasi akademik, (3) menguji hubungan task aversiveness dengan prokrastinasi akademik.
Penelitian mt menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif
korelasional. Populasi penelitian adalah 575 peserta didik, sampel berjumlah 236 orang peserta didik dan dipilih dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) self efficacy peserta didik berada pada kategori rendah, (2) task aversiveness peserta didik juga berada pada kategori tinggi, (3) perilaku prokrastinasi akademik peserta didik berada dikategorikan tinggi, (4) terdapat hubungan self efficacy secara signifikan terhadap pengurangan perilaku prokrastinasi akademik, (5) terdapat hubungan task aversiveness secara signifikan terhadap peningkatan perilaku prokrastinasi akademik dan ( 6) terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dan task aversiveness secara bersama-sama terhadap perilaku prokrastinasi peserta didik SMP Negeri 5 Padang Panjang. Implikasi hasil penelitian dapat dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling di SMPN 5
Padang Panjang.
Actions (login required)
![View Item View Item](/style/images/action_view.png) |
View Item |