Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Ditinjau dari Kondisi Self Efficacy Akademik dan Dukungan Orangtua

Hifsy, Ifrah (2023) Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Ditinjau dari Kondisi Self Efficacy Akademik dan Dukungan Orangtua. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_IFRAH_HIFSY_21151014_6696_2023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP Negeri 27 Padang yaitu tingginya prokrastinasi akademik siswa. Self efficacy akademik dan dukungan orangtua merupakan faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ( 1) prokrastinasi akademik siswa, (2) self efficacy akademik siswa, (3) dukungan orangtua siswa, (4) perbedaan prokrastinasi akademik siswa ditinjau dari kondisi self efficacy akademik, (5) perbedaan prokrastinasi akademik siswa ditinjau dari dukungan orangtua, (6) perbedaan atau interaksi prokrastinasi akademik siswa ditinjau dari kondisi self efficacy akademik dan dukungan orangtua. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif komparatif. Populasi pada penelitian adalah sebanyak 663 siswa dan sampel penelitian sebanyak 250 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin dan penarikan sampel dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pengukuran skala dengan model Likert, data dianalisis menggunakan one way anova dan two way anova dengan bantuan SPSS versi 25.00. Temuan pada penelitian menunjukkan bahwa, (1) prokrastinasi akademik siswa berada pada kategori sedang, (2) self efficacy akademik siswa berada pada kategori sedang, (3) dukungan orangtua siswa berada pada kategori sedang, (4) terdapat perbedaan prokrastinasi akademik siswa ditinjau dari kondisi self efficacy akademik, maknanya siswa yang memiliki prokrastinasi akademik tinggi, cenderung memiliki self efficacy akademik rendah. ( 5) terdapat perbedaan prokrastinasi akademik siswa ditinjau dari dukungan orangtua, maknanya siswa yang mendapat dukungan orangtua tinggi cenderung memiliki prokrastinasi akademik yang sedang. ( 6) tidak terdapat perbedaan prokrastinasi akademik siswa ditinjau dari kondisi self efficacy akademik dan dukungan orangtua atau tidak terdapat interaksi self efficacy akademik dan dukungan orangtua dalam menentukan prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMarjohan, MarjohanUNSPECIFIED
CorrectorNirwana, HermanUNSPECIFIED
CorrectorAfdal, AfdalUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 01:23
Last Modified: 16 May 2024 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51902

Actions (login required)

View Item View Item