Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning terhadap Higher Order Thinking Skills dan Self Directed Learning di Kelas V Sekolah Dasar

Efendi, Friska (2023) Perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning terhadap Higher Order Thinking Skills dan Self Directed Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FRISKA_EFENDI_18124017_1383_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi berberapa masalah yang ditemukan pada observasi awal sebelum penelitian yaitu ( 1) peserta didik belum diarahkan untuk melakukan proses pembelajaran yang bermakna, (2) peserta didik kurang diberikan kesempatan bealajar secara mandiri oleh pendidik, (3) kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik, (4) peserta didik masih jarang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Pada Kurikulum 2013 fokus pembelajaran diarahkan pada pembahasan melalui tema, sehingga diperlukan model pembelajaran terpadu yang dapat mempengaruhi tujuan pembelajaran. Model yang dapat dilaksanakan pada pembelajaran tematik terpadu yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap Higher Order Thinking Skills dan Self Directed Learning di Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eskperimental design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V.A dan V.B SD Negeri 03 Sintuak Toboh Gadang sebanyak 48 peserta didik. Data penelitian ini diperoleh dari angket dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat perbedaan model PBL terhadap HOTS di kelas V Sekolah Dasar terlihat dari thitung yang diperoleh adalah 2,09 lebih besar dari 1tabel yang diperoleh adalah 2,01 (2) terdapat perbedaan model DL terhadap HOTS di kelas V Sekolah Dasar terlihat dari thitung yang diperoleh adalah 0,57 lebih kecil dari 1tabel yang diperoleh adalah 2,01(3) terdapat perbedaan model pembelajaran PBL terhadap SDL di kelas V Sekolah Dasar terlihat dari fhitung sebesar 0,893 > ftabel sebesar 0,468 (4)terdapat perbedaan model pembelajaran DL terhadap SDL di kelas V Sekolah Dasar terlihat dari rhitung sebesar 0,829 > ftabeI sebesar 0,468 .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitria, YantiUNSPECIFIED
CorrectorFarida F, Farida FUNSPECIFIED
CorrectorHadiyanto, HadiyantoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2024 01:23
Last Modified: 16 May 2024 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51901

Actions (login required)

View Item View Item