Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI SMAN 2 Padang Panjang

Hayati, Zahratul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Pada Materi Sistem Koordinasi Kelas XI SMAN 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_ZAHRATUL_HAYATI_19031169_1877_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan kolaborasi merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang harus dimiliki oleh peserta didik. Kemampuan kolaborasi peserta didik kelas XI IPA di SMAN 2 Padang Panjang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan guru cendrung menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik pada materi sistem koordinasi kelas XI SMAN 2 Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Padang Panjang yang terdiri dari dua kelas sampel. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 1 sebanyak 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebanyak 36 orang sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yang ditentukan dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan adalah angket kemampuan kolaborasi berupa pernyataan. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kemampuan kolaborasi peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dengan nilai rata-rata angket kemampuan kolaborasi kelas eksperimen (25,67) dan kelas kontrol (16,72). Analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu 25,99 > 1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) berpengaruh positif terhadap kemampuan kolaborasi peserta didik pada materi sistem koordinasi kelas XI SMAN 2 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFuadiyah, Sa'diatulUNSPECIFIED
CorrectorSelaras, Ganda HijrahUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ARGUMENT DRIVEN INQUIRY, KEMAMPUAN KOLABORASI
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 May 2024 00:42
Last Modified: 16 May 2024 00:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51892

Actions (login required)

View Item View Item