Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kuranji Kota Padang

Arjunaini, Arjunaini (2023) Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ARJUNAINI_22147015 _9613_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di lapangan terlihat kurang baik kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Hal ini diduga berhubungan dengan disiplin kerja dan motivasi kerja guru, maka diperlukan penelitian untuk mengungkapkan dugaan awal yang peneliti lakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SD Negeri di Kecamatan Kuranji Kota Padang. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu : 1) disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru, 2) motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru,dan 3) disiplin kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SD Negeri di Kecamatan Kuranji Kota Padang dengan jumlah 328 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 orang , teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Stratified proportional Random Sampling dengan melihat masa kerja dari para guru. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini merupakan skala penilaian dan angket model Skala Likert. Nilai validitas sebesar 0,374 dan realibilitas 0,95. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dengan hasil 0,6 dan teknik regresi dengan capaian 2,782 pada koefisien disiplin, 5,744 pada koefisien motivasi. Hasil analisis data penelitian memperlihatkan bahwa: 1 disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 16,6 %, 2) motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja guru 31,4 %, dan 3) disiplin kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 36 %. Skor tingkat capaian kinerja guru sebesar 89,61 % pada kategori baik , untuk disiplin kerja berada pada kategori tinggi dengan skor 90,5 % sedangkan untuk motivasi guru juga pada kategori tinggi dengan skor 90,44 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSulastri, SulastriUNSPECIFIED
CorrectorSufyarma, SufyarmaUNSPECIFIED
CorrectorIrsyad, IrsyadUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 May 2024 06:14
Last Modified: 15 May 2024 06:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51868

Actions (login required)

View Item View Item