Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berprogram Tipe Branching untuk Mata Pelajaran IPA Kelas VIII MTs

Anesia, Anesia (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berprogram Tipe Branching untuk Mata Pelajaran IPA Kelas VIII MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANESIA_19155005_7723_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari observasi pada pembelajaran IPA yang dilakukan di MTs N 3 Tanjung Jabung Barat yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran IPA belum mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif untuk memperoleh kompetensi dasar dan sumber belajar yang digunakan tidak cukup untuk memotivasi peserta didik serta mendukung konten dalam menjelaskan konsep-konsep IPA. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berprogram tipe branching yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs untuk mata pelajaran IPA materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development, yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan multimedia pembelajaran berprogram tipe branching. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berprogram tipe branching untuk mata pelajaran IPA di MTs memenuhi kriteria valid dengan mengacu pada aspek pembelajaran, aspek isi, aspek presentasi dan aspek bahasa. Pendidik dan peserta didik juga menganggap multimedia tersebut sesuai dan mudah digunakan, sehingga memenuhi kriteria kepraktisan. Penggunaan multimedia dalam kegiatan pembelajaran efektif meningkatkan rata-rata hasil belajar peserta didik. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan a 0,05 menunjukkan thitung 5,484 > ttabel 2,007 yang berarti terdapat perbedaan signifikan nilai rata-rata hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen. Kemudian dilanjutkan dengan uji N-Gain menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol dalam kategori sedang, sedangkan kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata dalam kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran berprogram tipe branching memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar mata pelajaran IPA materi getaran, gelombang, dan bunyi kelas VIII MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKusumaningrum, IndratiUNSPECIFIED
CorrectorJasrial, JasrialUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 15 May 2024 04:06
Last Modified: 15 May 2024 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51864

Actions (login required)

View Item View Item