Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 4 Padang

Firda, Winda (2024) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA SMAN 4 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_WINDA_FIRDA_19029124_722_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Padang masih rendah dan pembelajaran masih didominasi oleh pendidik. Solusi yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan model pembelajaran PBL yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan baik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan komunikasi matematis peserta didik menggunakan model PBL pada kelas XI MIPA SMAN 4 Padang dan menganalisis apakah kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Padang yang belajar dengan model PBL lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan eksperimen semu (quasy eksperiment) dengan rancangan nonequivalent posttest-only control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 4 Padang tahun pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Intrumen penelitian yang digunakan adalah kuis dan tes akhir kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil analisis data kuis menunjukkan adanya perkembangan pada setiap indikator kemampuan komunikasi matematis selama diterapkan model PBL setiap indikatornya. Berdasarkan analisis data tes menggunakan uji-t dengan taraf nyata 0,05 diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhni, MukhniUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI MATEMATIS, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, PEMBELAJARAN LANGSUNG
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 14 May 2024 08:12
Last Modified: 14 May 2024 08:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51857

Actions (login required)

View Item View Item