Hubungan antara Pengetahuan tentang Posyandu dengan Minat Ibu Balita Mengikuti Kegiatan di Posyandu Dahlia Muara Tebo Jambi.

Sari, Dinda Sekar (2024) Hubungan antara Pengetahuan tentang Posyandu dengan Minat Ibu Balita Mengikuti Kegiatan di Posyandu Dahlia Muara Tebo Jambi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_4_DINDA_SEKAR_SARI_17005112_1424_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat ibu balita dalam mengikuti kegiatan di posyandu Dahlia Muara Tebo Jambi. Hal ini terkait dengan rendahnya pengetahuan ibu balita tentang posyandu. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat gambaran pengetahuan ibu tentang posyandu, minat ibu balita dalam mengikuti kegiatan posyandu, dan melihat hubungan antara pengetahuan dengan minat ibu dalam mengikuti kegiatan Posyandu Dahlia Muara Tebo Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu balita yang terdaftar di posyandu Dahlia Muara Tebo Jambi selama setahun yang berjumlah 28 orang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 28 orang. Maka untuk menetapkan responden digunakan metode sensus dimana seluruh populasi dijadikan responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan pedoman kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan teknik korelasi rank order. Berdasarkan temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) pengetahuan ibu balita tentang posyandu di Posyandu Dahlia Muara Tebo Jambi sangat rendah, (2) minat ibu balita dalam mengikuti kegiatan di Posyandu Dahlia Muara Tebo Jambi masih sangat rendah, (3) terdapat hubungan yang disigfikan antara pengetahuan tentang posyandu dengan minat ibu balita dalam mengikuti kegiatan di Posyandu Dahlia Muara Tebo Jambi. Selanjutnya saran yang peneliti berikan adalah bagi petugas kesehatan di harapkan dapat memberikan binaan kepada kader posyandu untuk memberikan pengetahuan kepada sasaran posyandu mengenai posyandu, kemudian bagi kader posyandu diharapkan kader dapat memberikan pengetahuan tentang posyandu kepada ibu balita, dan bagi peneliti lain diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan agar peneliti lain dapat meneliti variabel lain yang berhubungan dengan minat ibu balita mengikuti kegiatan posyandu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWisroni, WisroniUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Lili DasaUNSPECIFIED
CorrectorSunarti, VeviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: POSYANDU, MINAT, BALITA
Subjects: R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Non Formal (S1)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 May 2024 07:18
Last Modified: 14 May 2024 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51853

Actions (login required)

View Item View Item