Pengembangan Video Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar dan Motivasi Mahasiswa Calon Guru pada Mata Kuliah Pembelejaran Biologi

Febrianti, Weni (2024) Pengembangan Video Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar dan Motivasi Mahasiswa Calon Guru pada Mata Kuliah Pembelejaran Biologi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_WENI_FEBRIANTI_20177022_1338_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data hasil observasi yang dilakukan melalui wawancara dua orang dosen serta mahasiswa pada mata kuliah Pembelajaran Biologi, diketahui bahwa terdapat kendala dalam perkuliahan Pembelajaran Biologi salah satunya adalah mengenai media pembelajaran yang digunakan, sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami materi. Kesulitan yang dialami mahasiswa adalah dalam hal mempraktekkan model pembelajaran, baik itu keterampilan dasar maupun keterampilan mengajar menggunakan sintaks model pembelajaran. Oleh sebab itu, mahasiswa membutuhkan suatu media yang mampu membantu mahasiswa memahami materi praktek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video model pembelajaran Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu fase tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Biologi FMIPA UNP yang mengambil mata kuliah pembelajaran Biologi. Instrument yang digunakan adalah angket validitas, angket praktikalitas, lembar observasi keterampilan mengajar dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data validitas dan praktikalitas menggunakan penskoran skala likert dan efektifitas keterampilan mengajar mahasiswa menggunakan N-Gain dan motivasi belajar menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini telah menghasilkan video model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi, media dan pembelajaran menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas dosen mata kuliah pembelajaran biologi diperoleh dengan kriteria Sangat Praktis dan hasil praktikalitas mahasiswa diperoleh sangat praktis yang dinilai dari tiga aspek yaitu kemudahan penggunaan, efisien waktu dan manfaat. Hasil uji efektivitas menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengajar mahasiswa menggunakan model Problem Based Learning setelah diuji dengan menggunakan N-Gain dan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Berdasarkan nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa video model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorArsih, FitriUNSPECIFIED
CorrectorFadilah, MuhyiatulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VIDEO PEMBELAJARAN, MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 May 2024 08:34
Last Modified: 13 May 2024 08:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51848

Actions (login required)

View Item View Item