Observasi Status Stunting dengan Keterampilan Motorik Anak Balita di Nagari Sako Selatan, Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.

Fauziah, Varhatun (2024) Observasi Status Stunting dengan Keterampilan Motorik Anak Balita di Nagari Sako Selatan, Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
B1_3_VARHATUN_FAUZIA_20089062_1499_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Stunting menjadi masalah kesehatan yang banyak terjadi di masyarakat dan sangat mengkhawatirkan, serta berdampak terhadap perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengobservasi gambaran dalam keterampilan motorik anak yang terdiagnosa stunting. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini memiliki sampel sebanyak 31 orang balita stunting, yang berumur 3-5 tahun di Nagari Sako Selatan, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Data balita stunting, didapatkan dari perhitungan Z-score antropometri yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan republik Indonesia. Sedangkan data kemampuan motorik diperoleh melalui tes TGMD-2 (Ulrich, D.A., 2000). Data yang didapatkan dianalisis secara kualitatif dengan mengunakan aplikasi komputer. Pada penelitian ini didapatkan kesimpulan 73.81%% balita mengalami kejadian stunting, dan didapatkan 81% balita stunting memiliki keterampilan motorik dibawah rata-rata. Saran pada penelitian ini adalah melakukan upaya perbaikan terhadap tingkat status stunting dengaan Upaya perbaikan gizi, serta mengembangkan keterampilan motorik pada balita yang mengalami stunting dengan program latihan khusus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuchlis, Arif FadliUNSPECIFIED
CorrectorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorPranoto, Nuridin WidyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BALITA, KETERAMPILAN MOTORIK, STUNTING
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 May 2024 04:54
Last Modified: 13 May 2024 04:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51827

Actions (login required)

View Item View Item