Firzatinnajmi, Ulfia (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Formulate Share Listen Create terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 2 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_01_ULFIA_FIRZATINNAJMI_19029172_123_2024.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Komunikasi matematis adalah satu diantara aspek yang memiliki peran besar yang mesti diraih pada proses belajar, khususnya matematika. Dari hasil observasi di SMPN 2 Lubuk Alung memperlihatkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas IX masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan oleh peserta didik kurang berperan aktif dalam pembelajaran. Upaya dalam menyikapi permasalahan ini dengan menggunakan model Formulate-Share-Listen-Create (FSLC). Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh dari kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model FSLC lebih baik dibandingkan peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment melalui rancangan Non-Equivalent posttest-only kontrol group design. Populasi pada penelitian ini yakni peserta didik kelas IX SMPN 2 Lubuk Alung tahun Pelajaran 2023/2024. Proses pengambilan sampel dilaksanakan melalui Teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah dalam bentuk tes akhir kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan dari pengujian hipotesis akhir diraih P-value = 0,004 dengan taraf nyata 0,005, artinya P-value <
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | MODEL FORMULATE SHARE LISTEN CREATE, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, PEMBELAJARAN LANGSUNG | ||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 May 2024 01:45 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 May 2024 01:45 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51771 |
Actions (login required)
View Item |