Pengembangan Multimedia Interaktif Disertai Games Edukatif Berbentuk Aplikasi Android Tentang Materi Genetika untuk Peserta Didik Kelas XI di SMAN 9 Padang

Diraputra, Tengku Sungky (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Disertai Games Edukatif Berbentuk Aplikasi Android Tentang Materi Genetika untuk Peserta Didik Kelas XI di SMAN 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_TENGKU_SUNGKY_DIRAPUTRA_17031186_1533_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi genetika merupakan salah satu materi yang sulit dipahami oleh peserta didik SMAN 9 Padang karena dianggap abstrak dan tidak dapat disaksikan secara langsung sehingga memerlukan penggunaan media yang dapat memperjelas materi genetik. Penelitian ini bermaksud untuk memberikan produk yang valid dan praktis berupa multimedia interaktif yang didukung dengan games edukasi berupa aplikasi Android mengenai materi genetik untuk peserta didik kelas XI SMAN 9 Padang. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah (Research and Development) dengan 3 tahapan dari model pengembangan 4D (Four-D models). Subjek penelitian terdiri dari validator yang berjumlah 4 orang (terdiri dari 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 2 orang guru Biologi SMAN 9 Padang) dan 62 orang peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 9 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis ke dalam bentuk data kualitatif deskriptif. Hasil analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan praktikalitas. Uji validitas menghasilkan nilai rata-rata 86,4% dengan kriteria sangat valid. Uji praktikalitas, guru diperoleh skor rata-rata 90,9%, dan peserta didik skor rata-rata 87,5%, dengan kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan multimedia interaktif disertai games edukatif berbentuk aplikasi android tentang materi genetika untuk peserta didik Kelas XI di SMAN 9 Padang, yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, GAMES EDUKASI, 4D MODELS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 May 2024 09:17
Last Modified: 06 May 2024 06:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51726

Actions (login required)

View Item View Item