Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas

Novita, Resti Febri (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RESTI_FEBRI_NOVITA_19016044_4610_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas sebelum menggunakan model inkuiri. kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas sesudah menggunakan model inkuiri. ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks puisi sebelum dan sesudah menggunakan model inkuiri. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks puisi menggunakan model inkuiri. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks puisi sebelum menggunakan model inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata 61,56. Kedua, keterampilan menulis teks puisi sesudah menggunakan model inkuiri siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 76,36. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (HI) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n-1 karena ttabel<thitung yaitu (1,70<3,43). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model inkuiri tepat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran keterampilan menulis teks puisi. Hal ini disebabkan model ini bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorZuve, Farel OlvaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 03 May 2024 07:19
Last Modified: 03 May 2024 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51711

Actions (login required)

View Item View Item